Sunday 30 December 2012

IKLIM TROPIKA



Istilah tropika adalah nama yang diberikan untuk menyebut salah satu tipe iklim di bumi yang di daerahnya berada di sekitar equator.  Wilayahnya mempunyai pola iklim tersendiri yang berbeda dengan tempat-tempat lain di bumi.  Perbedaannya mencakup hampir semua unsure cuaca dan iklim, bahkan dalam hal-hal tertentu seperti tipe vegetasi, jenis komoditi pertanian, cara bercocok tanam serta aspek-aspek social lainnya mempunyai ciri yang khas.

Batasan daerah tropika menurut wilayahnya berkisar antara lintang Tropika Center dan Tropika Capricorn, yaitu sejajar dengan lintang 23,50 utara dan selatan.  Batasan tersebut berdasarkan posisi terjauh dari kisaran matahari menurut letak lintang.  Dengan demikian, wilayah beriklim tropika berada di sekitar ekuator tepatnya pada sabuk lintang antara tropika Cancer dan Capricorn dimana masing-masing pada 23,50 lintang utara dan selatan.

WILAYAH TROPIKA
Berdasarkan batas tiap Negara maka wilayah tropika meliputi Negara-negara yang berada di benua Amerika, Asia, Afrika dan Australia. Sedangkan benua Eropa tidak mempunyai daerah yang termasuk dalam wilayah tropika.  Dengan demikian wilayah tropika antara lain mencakup sebagian Afrika, Negara-negara Amerika Tengah dan Selatan, India, Indocina, Semenanjung Malaka, Philipina, Indonesia, Hawai, Melanesia, dan Australia bagian utara.
Tidak semua daerah yang terletak antara lintang tropika memiliki tipe iklim tropika.  Hal ini disebabkan oleh kondisi fisiografi yang berbeda antara satu dan lain tempat.  Selain itu perbedaan sebaran daratan dan lautan ikut mempengaruhi bentuk iklim setempat.  Iklim tropika merupakan sebuah tipe iklim yang dicirika oleh suhu dan kelembaban tinggi sepanjang tahun.  Suhu rata-rata tahunan terendah di daerah beriklim tropika 180 C, dengan demikian menurut klasifikasi Koppen termasuk tipe A.
Pustaka : Handoko.  1993.  Klimatologi Dasar (Landasan pemahaman fisika atmosfer dan unsur-unsur iklim. PT Dunia Pustaka Jaya ; Jakarta.

No comments:

Post a Comment